Sumber Gambar : https://pengajar.co.id/analisis-sistem/
Dalam SDLC, tahap analisis sistem dilakukan sebelum masuk ke tahapan desain sistem dan setelah melewati tahapan perencanaan sistem. Setiap tahap dalam SDLC saling berkaitan, tetapi pada tahap ini menjadi tahap yang kritis dan sangat penting karena jika terdapat kesalahan pada tahap ini akan sangat berpengaruh untuk tahap selanjutnya.
Sistem Analis bertugas untuk mengukur ketepatan dalam pencapaian suatu sistem, dan mengidentifikasi kelemahan dari sebuah sistem dan memperbaikinya.
Tugas Utama dalam menganalisa sistem meliputi :
- Menentukan lingkup atau batasan sebuah sistem
- Mengumpulkan fakta (data) untuk ditinjau
- Manganalisis fakta (data)
- Menginformasikan seluruh data yang didapat dalam sebuah laporan
Sumber fakta atau data dalam menganalisa sebuah sistem bersumber dari sistem yang sudah ada, sumber internal, ataupun sumber eksternal yang berkaitan dengan informasi yang dibutuhkan.
Dalam menganalisa sebuah sistem terdiri dari empat langkah yaitu :
Dalam menganalisa sebuah sistem terdiri dari empat langkah yaitu :
- Identify, mengidentifikasi masalah
- Understand, memahami sistem kerja yang telah ada
- Analyze, menganalisa sistem
- Report, membuat laporan hasil analisis
MENGIDENTIFIKASI MASALAH
Identifikasi masalah merupakan proses pengenalan suatu masalah atau proses inventarisasi suatu masalah yang berkaitan langsung kepada sistem yang dianalisis. Masalah disini didefinisikan sebagai pertanyaan yang akan dipecahkan atau diselesaikan pada suatu sistem.
Tugas yang harus dilakukan analis sistem dalam tahapan ini adalah :
- Mengidentifikasi penyebab masalah
- Dalam mengidentifikasi masalah, seorang sistem analis harus memiliki wawasan dan pengetahuan yang cukup tentang sistem yang sedang dianalisisnya.
- Tugas ini dimulai dengan mempelajari ulang permasalahan yang telah dikatakan oleh manajer atau permasalahan yang ditemukan pada tahap perancangan sebuah sistem.
- Mengidentifikasi titik keputusan
- Titik keputusan merupakan sebuah kondisi yang menyebabkan suatu permasalahan terjadi. Titik ini akan menjadi awal mula penelitian seorang sistem analis.
- Untuk dokumentasi, titik-titik ini dapat disajikan dalam paperwork-flow ataupun form flowchart
- Mengidentifikasi personil-personil kunci
- Setelah titik keputusan teridentifikasi, maka selanjutnya adalah mengidentifikasi personil kunci yang dapat menyebabkan terjadinya masalah baik secara langsung maupun tidak langsung.
- Dalam identifikasi personil kunci ini dapat dilakukan dengan berpatokan pada badan alir dokumen perusahaan serta dokumen deskripsi kerja.
MEMAHAMI KERJA SISTEM
Dalam langkah ini dapat dilakukan dengan cara memahami sistem yang sudah ada, baik sistem manual ataupun sistem informasi yang telah berjalan sebelumnya. Dilangkah ini juga dilakukan pemahaman akan kebutuhan sebuah sistem, memahami kekurangan serta kelebihan suatu sistem.
Pada langkah ini diperlukan data yang diperoleh dengan cara melakukan penelitian atau survey pendahuluan.
Beberapa tugas Sistem Analis dalam memahami kerja sistem :
- Menentukan Jenis Penelitian
- Merencanakan Jadwal Penelitian
- Membuat Penugasan Penelitian
- Membuat Agenda Wawancara
- Mengumpulkan Hasil Penelitian
MENGANALISIS SISTEM
Dalam langkah ini merupakan lanjutan dari langkah sebelumnya. Analisis disini menggunakan data yang telah diperoleh dari hasil penelitian sebelumnya.
Beberapa hal yang dianalisis adalah
- Menganalisis Kelemahan sebuah sistem
- Hal ini dilakukan untuk menjawab beberapa pertanyaan berikut :
- Mengapa dikerjakan?
- Perlukah dikerjakan?
- Apakah telah dikerjakan dengan baik?
- Target dari Analisis ini adalah tentang efisiensi, fleksibilitas, akurasi, kemudahan, keamanan, dan kapasitas.
- Menganalisis Distribusi pekerjaan
- Hal ini dilakukan untuk mengetahui beban masing-masing unit atau personil dalam melakukan kegiatan didalam sistem.
- Dengan mengetahui beban masing-masing unit, dapat diputuskan untuk menambah atau mengurangi beban sesuai dengan kemampuan personilnya.
- Menganalisis Keandalan
- Hal ini dilakukan untuk mencari banyaknya kesalahan-kelasahan yang terjadi dalam suatu kegiatan. Semakin sedikit kesalahan berarti semakin andal sebuah sistem.
- Menganalisis Dokumen
- Hal ini bertujuan untuk mengetahui jenis dokumen apa saja yang digunakan oleh sistem yang sudah berjalan
- Menganalisis Laporan
- Menganalisis laporan bertujuan untuk mengetahui laporan yang telah dihasilkan oleh sistem yang sudah berjalan (atau sistem yang lama).
- Menganalisis Teknologi
- Analisa ini digunakan untuk melihat teknologi yang digunakan oleh sistem yang sudah berjalan sebelumnya.
- Menganalisis Kebutuhan Informasi Pemakai / Manajemen
- Dalam memberikan kebutuhan informasi kepada pengguna atau manajemen perlu dilakukan analisa agar informasi yang diberikan akan akurat dan tepat sasaran kepada keinginan pengguna atau manajemen
MEMBUAT LAPORAN HASIL ANALISA
Membuat laporan merupakan Hasil akhir dalam Menganalisis Sistem.
Beberapa isi dari Laporan Hasil Analisa adalah :
Beberapa isi dari Laporan Hasil Analisa adalah :
- Uraian alasan dan scope (batasan) analisis.
- Deskripsi sistem yang ada dan operasinya.
- Uraian tujuan (objektif) dan kendala sistem.
- Deskripsi tentang masalah-masalah yang belum teratasi dan potensi masalah.
- Uraian tentang asumsi-asumsi yang diambil oleh analis sistem selama proses analisis.
- Rekomendasi-rekomendasi sistem yang baru dan kebutuhannya untuk desain awal.
- Proyeksi kebutuhan sumber daya dan biaya yang diharapkan termasuk dalam desain sistem baru atau memodifikasinya.
Tujuan dari pelaporan hasil analisa ini adalah sebagai berikut :
- Menandakan bahwa semua tahap analisa telah selesai dilakukan
- Meluruskan hasil temuan analis dengan pengertian yang sesuai menurut manajemen
- Melakukan komunikasi kepada pihak manajemen untuk meminta saran dan pendapat
- Meminta persetujuan pihak manajemen untuk melakukan tindakan selanjutnya, bisa berupa meneruskan ketahap perancangan sistem ataupun menghentikan proyek jika tidak layak)
Hasil akhir Analisis Sistem (Keputusan)
- Hentikan pekerjaan, karena proposal tidak layak.
- Tunggu beberapa saat, karena masih ada pertimbangan lain.
- Modifikasi, manajemen memutuskan untuk memodifikasi prososal dengan subsistem lain.
- Proses dengan syarat, ada persyaratan kelayakan.
- Proses tanpa syarat, semua syarat terpenuhi. Proposal diterima dan proses dilanjutkan ke desain awal.
REFERENSI
- http://seputarpengertian.blogspot.com/2014/04/seputar-pengertian-dan-langkah-langkah-Analisa-sistem.html
- https://pengajar.co.id/analisis-sistem/
- https://www.academia.edu/7466025/ANALISIS_SISTEM_PENDAHULUAN_Definisi_Analisis_Sistem
- https://academicwriting2017.com/2019/03/11/pengertian-tujuan-fungsi-tugas-langkah-dan-tahapan-analisis-sistem/
- http://downloads.ziddu.com/downloadfiles/5037472/BABVANALISISSISTEM.doc
- http://evn011191.blogspot.com/2012/12/analisis-sistem.html
- http://wsaputra43yahoocom-wisnu.blogspot.com/2010/03/analisis-sistem.html
- http://id.wikipedia.org/wiki/Analis_sistem
Tugas Resume :
Identifikasi Masalah : 2 Maret 2020
Identifikasi Masalah : 2 Maret 2020
Menganalisis Sistem & Laporan : 16 Maret 2020
Tidak ada komentar:
Posting Komentar